Disdukcapil Bombana Kembali Terapkan "Si CANTIK"

Disdukcapil Bombana Kembali Terapkan "Si CANTIK"

Rumbia, Kominfo Bombana, - Inovasi layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana “SI CANTIK” (Siap Cetak dan Antar Akta Kematian) beraksi kembali dalam melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat di Desa Lantowua Kecamatan Rarowatu Utara.

Hal ini merupakan rangkaian pelayanan prima dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan yang hemat waktu, biaya dan tenaga bagi masyarakat Kabupaten Bombana. Aksi tersebut tampak saat Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Disdukcapil mampu memberikan layanan Akta Kematian dalam waktu singkat untuk Almarhum NIRWAN yang diserahkan kepada keluarganya.

Dokumen kependudukan itu berupa Akta Kematian diserahkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana TASMAN, SKM kepada IRWAN sebagai perwakilan keluarga almarhum, penyerahannya dilakukan di tempat penguburan keluarga di Desa Lantowua Kecamatan Rarowatu Utara pada hari Kamis tanggal 13/8/2020 setelah almarhum dikuburkan.

“ini salah satu bentuk layanan yang kami berikan dengan cepat, mudah dan gratis. jika kami mendapat informasi atau laporan dari keluarga maka kami segera buatkan karena Akta Kematian ataupun perubahan dokumen kependudukan bagi keluarga yang ditinggalkan pasti sangat bermanfaat dan dibutuhkan bagi ahli waris yang ditinggalkan untuk berbagai pengurusan lainnya,” ujar Tasman.

Ia menambahkan, bahwa layanan tersebut diberikan untuk semua masyarakat Kabupaten Bombana tanpa terkecuali, namun sang Kabid menyayangkan masih banyak warga yang tidak melaporkan adanya peristiwa kematian sehingga pihaknya tidak mendapat informasi.

“jika kami terinformasi atau mendapat laporan baik dari keluarga, kepala lingkungan/dusun atau dari Lurah akan segera kami buatkan, jadi kami menghimbau kepada warga agar melaporkan supaya kami buatkan Akta Kematiannya dan pembuatannya pun akan berlangsung cepat karena kami sudah memiliki data basenya,” harapnya.

Laporan : Alimuddin

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda