Program Pamsimas Ke-III untuk tahun 2020, Bappeda Bombana bersama Tim Kabupaten Gelar Sosialisasi

Program Pamsimas Ke-III untuk tahun 2020, Bappeda Bombana bersama Tim Kabupaten Gelar Sosialisasi

Rumbia Kominfo-Pamsimas merupakan salah satu program Nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat dengan dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kontribusi masyarakat. Kegiatan ini didukung oleh kementerian pekerjaan umum sebagai executing agency bersama dengan kementerian dalam negeri dan kementerian kesehatan. Tujuan pamsimas secara umum adalah meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan daerah pinggiran kota (peri urban) serta menerapkan praktek hidup bersih dan sehat dengan membangun model penyediaan prasarana dan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan mampu diadaptasi oleh masyarakat.

Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III telah dilaksanakan pada Selasa tanggal 08 Oktober 2019, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Bombana. Kegiatan ini di hadiri oleh unsur SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana yang terdiri dari unsur Dinas PU, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PMD serta para pendamping Pamsimas disetiap Desa di Kabupaten Bombana.

Kepala Bappeda Kabupaten Bombana, dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Bappeda Kabupaten Bombana Dra. Hj.JUMAENA, M.AP. menyampaikan terima kasih banyak atas kehadiran tim pamsimas Kabupaten atas terselenggaranya sosialisasi Pamsimas III. Program Pamsimas III Kabupaten Bombana tahun 2020 ini memiliki harapan pada pembangunan fisik sarana air minum yang berkelanjutan dan dipelihara secara terus menerus oleh masyarakat, “ungkap Hj. Jumaena disela-sela kegiatan. (8/10/2019)

“untuk itu saya mengharapkan peserta sosialisasi yang hadir untuk dapat mengikuti acara ini dengan sebaik – baiknya.”

Acara dilanjutkan dengan pemaparan yang dimoderatori Nur Alaina Samad,ST,M.PW selaku Kabid. Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan kewilayahan Kabupaten Bombana dengan narasumber Kasmuddin, SE (CO Distrik Koordinator Pamsimas Kab. Bombana) dan Andi Ato, ST (Distrik Koordinator Pamsimas Kab. Bombana). Adapun materi – materi penting yang disosialisasikan oleh narasumber dalam kegiatan ini diantaranya  adalah

1.      5 Komponen Program Pamsimas III

2.      Siklus Tahapan Program Pamsimas di tingkat Masyarakat

3.      Kriteria Desa sasaran Pamsimas

4.      Prosedur Kemitraan Desa Sasaran Pamsimas

5.      Indikator keberlanjutan Program Pamsimas di Masyarakat

6.      Peran Pelaku Pamsimas di Tingkat Desa.

Kasmuddin ,SE menjelaskan bahwa tujuan di adakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan Program Pamsimas III pada desa untuk sasaran Tahun 2020, sehingga diharapkan setelah kegiatan ini selesai, para fasilitator Pamsimas di tingkat desa dan panitia kemitraan Kabupaten dapat meneruskan materi sosialisasi ini kedesa masing- masing.”tuturnya

Sumber : Bappeda

 

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda