Dinkes Bombana Sediakan Speed Kesehatan Kabaena-Rumbia

Dinkes Bombana Sediakan Speed Kesehatan Kabaena-Rumbia

Rumbia Kominfo.

(Sumber : PUBLIKSATU.COM), – Pemerintah Kabupaten Bombana menyediakan kapal speed boat khusus untuk angkutan pelayanan kesehatan rute Pulau Kabaena – Rumbia ibukota Kabupaten Bombana. Kapal itu, akan jadi kendaraan cepat bagi pasien bila tiba-tiba dirujuk ke BLUD RSU Bombana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana Sunandar mengatakan jasa kapal itu sudah bisa digunakan saat ini, pasca di Launching oleh Bupati Bomban H. Tafdil saat pembukaan pekan olahraga dan seni, 8 November 2019 lalu.

“Sudah digunakan sekarang. Kami tempatkan di wilayah Puskesmas Kabaena Utara sebagai tambatan parkirnya. Kapal Itu bisa digunakan untuk semua puskesmas se pulau Kabaena. Jadi, jika ada pasien tiba-tiba dirujuk ke ibukota, kapal ini stand by dan siap melayani. Jarak tempuh hanya 1 jam 15 menit,” paparnya.

Mantan Dirut RSUD Bombana ini menjelaskan, bukan cuma melayani rujukan pasien ke Rumah Sakit Rumbia. Tapi kapal dengan muatan 11 orang penumpang tersebut dapat pula melayani rujukan hingga ke rumah sakit di wilayah Kota Baubau.

“Jadi, jika ada warga (Masyarakat Kabaena) punya kerabat di sana (Baubau), atau ingin dirujuk di Rumah Sakit Siloam atau Palagimata di wilayah Kota Baubau, kapal ini bisa digunakan. Kita bersyukur dengan hadirnya kapal ini, sehingga kebutuhan masyarakat, khususnya transportasi antar pulau dapat dilayani dengan cepat,” tandasnya.

Saat ditanya terkait biaya, Sunandar mengatakan jika pasien BPJS atau KIS tidak dikenakan tarif atau biaya alias cuma-cuma. Kecuali pasien umum, kemungkinan akan dikenakan biaya sesuai peraturan daerah kabupaten Bombana nomor 9 tahun 2019.

Ketua IDI Bombana itu menambahkan selain untuk pasien, kapal tersebut dapat digunakan untuk mengangkut jenazah. “Kapal itu bisa mengangkut jenazah. Misalnya dari Rumbia menuju Kabaena. Bahkan kami sudah sediakan satu unit mobil jenazah yang stand by di puskesmas Kabaena Barat, untuk jemput dan antar. Khusus jasa ini, kami hanya sediakan fasilitas. Sementara biayanya, ditanggung oleh pengguna,” tutupnya (Dar)

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda