Bupati Bombana Buka Sosialisasi PPID yang Digelar Diskominfo

Bupati Bombana Buka Sosialisasi PPID yang Digelar Diskominfo

Rumbia Kominfo,

(Sumber : TOPIKSULTRA.COM) - Dinas Komunikasi Dan Informatika(Kominfo) Kabupaten Bombana menggelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi(PPID), di Auditorium Kantor Bupati Bombana, pada, Kamis(5/12/19).

Kegiatan tersebut resmi dubuka oleh Bupati Bombana,Tafdil. Dalam sambutanya Tafdil meminta, agar Organisasi perangkat Daerah(OPD) Bombana semakin terbuka dalam memberikan informasi perencanaan dan program kerja OPD.

“Jadi tidak hanya didesa saja yang transparansi dan terbuka dalam perencanaan program kerja,” Kata Bupati Bombana, Tafdil.

Ditambahkan Oleh Pusat Penerangan sekertaris jendral kementrian dalam Negeri, Andi Ernawati mengatakan, dalam penggunaan dana publik itu harus sesuai dengan kebutuhan publik.

“Olehnya itu kalau dana publik itu digunakan tentu harus memberikan informasi publik terkait penggunaanya,” jelasnya.

Namun kata dia sesuai dengan aturan Perundangan, sebab menurutnya ada hal yang berkaitan dengan informasi yang tidak dibolehkan untuk di publis.

“Yang bersifat rahasia, seperti hal yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, yang dapat menghambat proses hukum dan lainya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Bombana, Kalvarios Syamruth mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk megoptimalisasi peran PPID dalam mewujudkan integritas informasi publik melalui pelayanan dan penyebar luasan informasi yang terkoordinasi.

Menurut kalvarios, Kategori informasi akan diumumkan secara berkala, baik dalam Enam bulan sekali ataupun sesuai kebutuhan saja.

Tak hanya itu, Kalvarios juga menambahkan bahwa informasi yang dimaksut tersebut ialah yang berkaitan dengan Badan publik, berkaitan dengan kegiatan dan kinerja badan publik.

“Serta informasi mengenai laporan keuangan, dan informasi lain yang di atur dalam peraturan perundang undangan,” Urainya.

 

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda