Kepedulian Atas HAM di Daerah, Bupati Bombana Terima Penghargaan dihari HAM Sedunia

Kepedulian Atas HAM di Daerah, Bupati Bombana Terima Penghargaan dihari HAM Sedunia

Rumbia Kominfo - Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang diperingati pada 10 Desember 2019. Yang berlangsung di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Kabupaten Bombana masuk dalam kriteria yang menerima penghargaan, atas dasar Pemerintah kab. Bombana sangat peduli dengan Hak Asasi Manusia (HAM) di Daerahnya.

Penghargaan yang diberikan oleh Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM R.I kepada Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang memenuhi beberapa kriteria salah satunya adalah Kabupaten Bombana yang juga menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan yang diberikan pada Daerah Kabupaten Bombana merupakan Penghargaan yang dicapai oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Bombana H. Tafdil atas pedulinya terhadap HAM pada Masyarakatnya, "hal ini diungkapkan Kasubag Perundang-undangan Nina Meirina, SH.,MH saat menghadiri pemberian penghargaan tersebut.

Kata Nina Meirina, Kabupaten Bombana mendapat penghargaan karena telah memenuhi beberapa indikator capaian kab/kota yang peduli atas HAM diantaranya terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, kependudukan, perumahan dan hak atas lingkungan.

“Ia kita sudah mendapat undangan untuk penghargaan sebagai daerah yang peduli HAM."tambahnya

Hal ini dibenarkan oleh Kabag Hukum Setda Bombana (Syahrial Abdi Arief, SH), "menurut Syahrial, dasar penilaian dari Kemenkumham adalah terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Kriteria ini yang menjadi dasar dan tolak ukur berdasarkan indikator adalah struktur, proses dan hasil, sehingga Kabupaten Bombana masuk Kriteria Penilaian dan Dapat Menerima Penghargaan ini, "ungkap Syahrial

Pada peringatan HAM sedunia yang ke-71 tahun, sejumlah Gubernur, Wali Kota dan Bupati se Indonesia turut hadir pada kegiatan tersebut, pasalnya akan dilaksanakan juga penyerahan penghargaan kepada masing-masing Kepala Daerah yang hadir.

Sumber : Bag. Hukum Setda

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda