KURANGI PENGGUNAAN KERTAS, PEMKAB BOMBANA LUNCURKAN APLIKASI “SAKTI” GEMBIRA

KURANGI PENGGUNAAN KERTAS, PEMKAB BOMBANA LUNCURKAN APLIKASI “SAKTI” GEMBIRA

Rumbia Kominfo

(Sumber : BK-PSDM) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Bombana mengukir sejarah dalam hal layanan data kepegawaian dengan meluncurkan Aplikasi “SAKTI” GEMBIRA yang dapat digunakan dengan fasilitas internet dan elektronik melalui laman www.bkpsdm.bombanakab.go.id, serta Sosialisasi PP No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil yang digelar di Auditorium Tanduale Sekretariat Daerah Kab. Bombana, Senin (9/12/2019).

          Seremoni Launching “SAKTI” GEMBIRA turut dihadiri oleh R.Y. ARI WIDYAWATI Kepala Seksi Evaluasi dan Pemantauan Standar Kinerja Pegawai ASN BKN RI, Kepala OPD, Para Asisten lingkup Setda Bombana, Sekretaris OPD, Camat, Lurah serta Kasubag Umum dan Kepegawaian Lingkup Pemkab. Bombana.

Kepala BKPSDM Kab. Bombana, RUSMAN IDJA melucurkan lima sekaligus aplikasi dalam satu wadah yang disebut “SAKTI” GEMBIRA. Ia menuturkan, aplikasi tersebut dapat mempermudah pelayanan khususnya dalam  upaya memberikan kemudahan dalam layanan kepegawaian.

Aplikasi “SAKTI” GEMBIRA adalah Sistem Aplikasi Kepegawaian Terintegrasi melalui Gerakan Membangun dengan Ridha Allah yang di dalamnya terdiri dari 1. Manajemen Data Pegawai (MANTAP) Aplikasai ini bertujuan untuk memudahkan dalam hal akses data kepegawaian  yang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi data pegawai sebagai wadah induk data base kepegawaian kabupaten bombana.

2. Aplikasi PROFIL PEGAWAI bertujuan memberikan akses informasi kepada pegawai untuk dapat mengetahui informasi rekam jejak riwayat jabatan, pangkat, diklat, pendidikan dll.

3. Aplikasi Dokumen Arsip Online (DAI) bertujuan untuk menyimpan dokumen pegawai secara digital, sehingga, memudahkan bagi pegawai dimanapun berada untuk mendapatkan dokumen pribadi pegawai dalam keperluan kepengurusan administrasi kepegawaian.

4. Aplikasi KINERJA PEGAWAI yang bertujuan  mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai dan memetakan kinerja PNS dalam rangka merit sistem yang di dalamnya terdapat,

a)     Monitoring kinerja bahawahan dalam priode harian, bulanan dan tahunan (SKP)

b)     Mempercepat pelaporan SKP

c)     Memastikan pegawai bekerja dengan tugas jabatannya

d)     Meningkatkan akurasi data dan  relevansi informasi

e)     Meningkatkan transparansi penilaian

f)      Meningkatkan efektifitas pelaksanaan skp dari segi biaya dan waktu

g)     Meningkatkan efektifitas proses pelaporan penilaian dan

h)    Mengeluarkan output kinerja yang digunakan sebagai dasar pembayaran TPP

Selain itu Kata Rusman Idja, Aplikasi Layanan Pengusulan Kenaikan Pangkat Pegawai (ALPUKAT PEGAWAI) yang merupakan sebuah sistem layananan pengusulan kenaikan pangkat langsung bebasis online. sistem aplikasi pengelolaan data pendaftaran permohonan berupa usulan kenaikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator  dan usulan Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana, yang terbagi dalam beberapa jenis kenaikan pangkat  yaitu KP Reguler, KP Jabatan Struktural, KP Jabatan Fungsional, KP Penyesuaian Ijazah, KP sedang melaksanakan Tugas Belajar, KP setelah  melaksanakan tugas belajar, KP penemuan baru dan KP prestasi yang luar biasa serta jenis KP yang diperbantukan/dipekerjakan diinstansi lain. “ungkapnya.

Senada dengan iti, Pj. Sekda Bombana, MAN ARFA mengatakan meskipun kita sadari bahwa di tengah berbagai keterbatasan, kita senantiasa dihadapkan pada tuntutan pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat dari waktu ke waktu,  namun saya yakin dan percaya bahwa dengan komunikasi dan koordinasi yang baik serta semangat kerja yang tinggi mudah-mudahan kita dapat mencapai hasil yang memuaskan.”kata Pj. Sekda Bombana

Pj. Sekda menambahkan, “Peluncuran Aplikasi “SAKTI” GEMBIRA yang di dalamnya terdapat lima aplikasi layanan kepegawaian tersebut adalah dalam rangka meningkatkan transparansi informasi dibidang kepegawaian yang telah kita hadirkan untuk masyarakat, khususnya ASN sebagai implementasi revolusi industri 4.0. “jelasnya.

Aplikasi BKPSDM Kab. Bombana ini yang dinamakan “SAKTI” GEMBIRA merupakan sebuah sarana media informasi kepegawaian bagi para pengelola kepegawaian dan masyarakat pemerhati kepegawaian di lingkup Pemerintah Kab. Bombana yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi dan konsultasi kepada para pengelola kepegawaian Pemerintah Kabupaten Bombana dan masyarakat luas melalui media online. “tuturnya.

“SAKTI” GEMBIRA sebagai salah satu bentuk transformasi e-goverment dalam menata sistem manajemen ASN yang merupakan hasil kreatifitas BKPSDM Kab. Bombana. dengan adanya website ini, diharapakan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi Aparatur Sipil Negara di lingkugan Pemerintah Kabupaten Bombana

       Harapan kita bersama mudah-mudahan kita semua selaku jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Bombana dapat bersinergi satu sama lain dan bersatu padu dalam upaya kita meningkatkan kinerja pemerintah sesuai dengan beban tugas dan kewenangan kita masing-masing. “tutupnya.

          

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda