Bappeda Gelar Penyusunan RKPD Tahun 2021 Di 22 Kecamatan

Bappeda Gelar Penyusunan RKPD Tahun 2021 Di 22 Kecamatan

Kominfo Bombana - Bappeda Kabupaten Bombana telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan tahun 2020, Sabtu, (22/2/20). Kegiatan Musrenbangcam ini telah dilaksanakan mulai hari senin tanggal 17 sampai sabtu 22 Februari 2020, yang dilaksanakan di 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bombana.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Bombana tahun 2021 yang mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Bombana Nomor 2 Tahun 2018 tentang RPJMD Kabupaten Bombana Tahun 2017 -2022, dimana telah ditetapkan visi Pemerintah Daerah yang ingin dicapai, yaitu “Mewujudkan Bombana Sejahterah (MUNAJAH)”.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Husrifnah Rahim, ST.,M.Si mewakili Bupati Bombana. Dalam sambutan Bupati Bombana yang dibacakan oleh Plt. Kepala Bappeda disampaikan bahwa, “Dengan berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Bombana dan RPJMD Kabupaten Bombana tahun 2017-2020 maka tema pembangunan Kabupaten Bombana Tahun 2021 adalah Pemantapan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera,” sebutnya.

Plt. Kepala Bappeda Husrifnah Rahim, dalam forum Musrenbang Kecamatan juga menyampaikan, “Berdasarkan tema pembangunan Kabupaten Bombana tahun 2021, maka sasaran dan prioritas pembangunan Kabupaten Bombana Tahun 2021, yaitu : (1) Pembangunan Manusia dan Pengurangan Kemiskinan, (2) Konektivitas dan Pemerataan, (3) Akselerasi Agroindustri dan Kesempatan Kerja, (4) Pelayanan Publik yang Berkualitas dan e-Government, (5) Pelestarian Budaya dan Pembangunan Karakter Masyarakat,"jelas Husrifnah

Menurutnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholder di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang kelurahan dan desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan ataupun desa di kecamatan yang bersangkutan.

Perlu kita ketahui bersama, "kata Husrifnah bahwa, tujuan utama dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi serta bersepakat dan menyetujui secara bersama usulan rencana kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan di kecamatan berdasarkan hasil dari Musrenbang Desa/Kelurahan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan sinkronisasi, integrasi dan koordinasi antar tingkat pemerintah dan antar wilayah serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan, melalui forum ini."tuturnya

Penulis : Akhroja
Sumber : Bappeda Bombana

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda