Pentingnya APD Dalam Penanganan Virus Corona

Pentingnya APD Dalam Penanganan Virus Corona

Pentingnya APD Dalam Penanganan Virus Corona

Kamis, 26/3/2020.

Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (sars-cov-2) yang lebih dikenal dengan nama corona virus dalah jenis baru dari corona virus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja dan telah terbukti saat ini. Maka dari itu sangat penting disiapkan Alat Pelindung Diri (ADP) dalam menangani Virus Corona ini.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, corona virus telah menyerang ribuan orang di berbagai Negara dan menelan ratusan korban jiwa. Penularan virus corona bisa terjadi melalui berbagai hal, seperti tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan, menyentuh benda atau permukaan dengan virus diatasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, mata sebelum mencuci tangan serta sebuah studi terbaru menunjukkan potensi penularannya melalui udara. 

Itulah yang menjadi perhatian serius bagi satgas kesehatan, Sehingga dalam penanganan pasien infeksi virus corona, alat pelindung diri (APD) jadi kebutuhan utama dokter dan tenaga medis. Namun tidak terlepas pula bahwa, Penggunaan APD dilakukan sesuai petunjuk dan standar kesehatan dunia dari WHO. 

Umumnya, APD digunakan sekali pakai. Lonjakan jumlah kasus secara global di beberapa wilayah, menyebabkan terbatasnya ketersediaan APD. Hal ini pula yang sempat dialami tenaga medis di rumah sakit umum Bombana beberapa hari yang lalu, sehingga tenaga medis mengakali kelangkaan dengan menggunakan jas hujan. 

Dengan minimnya APD ini, tenaga kesehatan tersebut sangat beresiko terpapar virus corona yang akhirnya dapat membuat mereka sakit sehingga tidak mampu melakukan pertolongan lagi.

Penulis : Sunarsih
Mahasiswa Pascasarjana UHO
Prodi : Kesehatan Masyarakat

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda