Blud Rumah Sakit Bombana, Melakukan Upaya Pencegahan Virus Corona (Covid  - 19)

Blud Rumah Sakit Bombana, Melakukan Upaya Pencegahan Virus Corona (Covid  - 19)

Blud Rumah Sakit Bombana, Melakukan Upaya Pencegahan Virus Corona (Covid  - 19)

Kamis, 26/3/2020, - Corona Virus Disease atau biasa juga disebut covid-19 telah menjadi pandemi secara global. Penyakit ini pertama diketahui berasal dari Negara Cina lebih tepatnya di kota Wuhan pada awal Desember tahun 2019. Penyakit ini mulai terdeteksi pasien positif covid-19 di Indonesia pada awal maret tahun 2020. Dengan merebaknya kasus Corona yang terjadi di Indonesia saat ini membuat ketakutan dan juga kepanikan pada seluruh masyarakat karena begitu banyak kasus kematian yang diakibatkan oleh virus tersebut. Pemerintah pusat saat ini telah mengelurkan kebijakan sebagai langkah antisipatif maupun penanganan yang bertujuan untuk menurunkan maupun pencegahan penyebaran virus bekerjasama dengan pemerintah Daerah diseluruh Indonesia.

Seiring dengan kebijakan pemerintah, Rumah Sakit Kabupaten Bombana sebagai salah satu fasyenkes pemerintah yang ditunjuk untuk ikut bertanggung terhadap penanganan pasien yang teridentifikasi sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bombana telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan kebijakan dan arahan yang telah ditetapkan pemerintah Pusat dan Daerah yaitu melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah-daerah yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Daerah yang rawan dan memiliki tingkat kasus tertinggi terinveksi virus corona baik di Indonesia maupun Luar Negeri

Rumah Sakit Bombana telah membuat beberapa kebijakan diantaranya adalah menghilangkan jam besuk, pembatasan jumlah penjaga pasien rawat inap, melakukan thermal scanner di depan gerbang pintu masuk rumah sakit sebagai salah satu cara pengendalian perkembangan virus ini. Sebagai garda terdepan dalam melakukan pemeriksaan pasien  yang diduga teridentifikasi virus covid-19, maka rumah sakit telah menyiapkan tim penanganan virus covid-19. Tim ini bertugas untuk menyiapkan alur pelayanan pasien suspect covid-19, menyiapkan Alat Pelindung Diri, menyiapkan desinfektan, serta multivitamin bagi petugas yang akan menerima pasien yang masuk dalam kategoti Pasien dalam Pemantaun (PDP) atau Orang dalam pemantauan (ODP)

Selain langkah-langkah kebijakan yang telah diambil tersebut diatas Rumah sakit  Kab. Bombana juga memberikan edukasi kepada semua pegawai, pasien dan penjaga pasien agar melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan 6 langkah baik melalui handwash maupun hand rub, serta mengajarkan etika batuk yang benar. Dengan adanya kesadaran diri dari masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama makan dengan gizi nutrisi yang benar maka seluruh Masyarakat kabupaten Bombana dapat terhindar dari Virus Corona seperti yang diharapkan.

Penulis : S A L F I A
Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda