Mahasiswi UHO Bekali Aparat Desa Enano Pengetahuan dan Pencegahan Covid-19

Mahasiswi UHO Bekali Aparat Desa Enano Pengetahuan dan Pencegahan Covid-19

Mahasiswi UHO Bekali Aparat Desa Enano Pengetahuan dan Pencegahan Covid-19

Penanganan virus corona semakin intens dan massif  dilakukan disemua lapisan masyarakat. Tak terkecuali di pelosok desa di Kecamatan Kabaena Tengah Desa Enano. Upaya pencegahan perluasan penyebaran virus corona yang dilakukan secara swadaya oleh Mahasiswa Pasca Sarjana Unhalu, Yunita, Membekali Pengetahuan dan upaya pencegahan COVID ke Aparat Desa Enano, Bertempat di kantor desa enano pada hari Jumat 27 Maret 2020.

Sebut saja Yunita, Salah satu Mahasiswi Universitas Haluoleo (UHO) Jurusan Kesehatan Masyarakat dalam melakukan Sosialisasi Bahaya dan upaya pencegahan kasus corona dalam bentuk pembekalan singkat bahaya dan upaya pencegahan virus corona melalui perilaku hidup bersih dan sehat kepada Aparat Desa. 

Menurut yunita yang ditemui disela-sela acara, “Pelibatan aparat dalam pembekalan bahaya dan upaya pencegahan corona dimaksudkan agar aparat dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat desa enano.

Lebih lanjut  Yunita menjelaskan, “pelibatan aparat desa dalam pembekalan singkat ini dimaksudkan agar aparat desa paham dan tahu bagaimana upaya mencegah penularan virus corona dengan mengkampanyekan kepada masyarakat desa Enano bagaimana hidup bersih”. 

Langkah itu sekaligus mengikuti kebijakan dan arahan Pemerintah, yang mengimbau para ASN di lingkungan Pemkab Bombana proaktif turun langsung ke tengah masyarakat, dalam mensosialisasikan kebiasaan hidup sehat dan menjaga kebersihan untuk menanggulangi merebaknya virus corona. 

Pembekalan singkat dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang apa itu virus corona dan bagaimana upaya untuk pencegahannya. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. 

Selain memberikan pemahaman tentang apa itu virus corona "Yunita menjelaskan cara mencegah virus tersebut dengan cara sosialisasi itu juga turut dibagikan selebaran terkait kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dan tata cara yang baik dalam memakai masker dan mencuci tangan.

Kegiatan tersebut mendapat apreseasi dari Kepala Desa Enano, Muh.Asnan. Menurut Asnan, upaya pencegahan virus corona tidak cukup hanya dengan pengumuman di media telivis saja akan tetapi perlu turun langsung ke masyarakat seperti sekarang ini yakni dengan mensosialisasikan kepada aparat desa budaya hidup sehat, dan menjaga kebersihan untuk menanggulangi merebaknya wabah virus corona.

Pemerintah desa dan masyarakat desa Enano sangat terbantu dengan adanya pembekalan singkat terkait virus corona ini. "Aparat kami sudah bisa tahu apa dan bagaimana yang akan mereka lakukan dalam rangka pencegahan penyebarluasan corona yakni dengan mengkampanyekan kepada seluruh masyarakat perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan keluarga” ujar asnan yang belum lama dilantik jadi kepala desa Enano.

Selain melaksanakan pembekalan singkat tentang apa itu virus corona dan bagaimana upaya pencegahannya, "kata Kades harus juga dilakukan penyemprotan desinfektan di beberaa fasilitas umum desa seperti masjid, balai desa dan puskemas tempat pembantu Desa Enano, "tutupnya.

Penulis : Yunita

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda